Wednesday, August 25, 2010

Tuhan adil?

Setelah lama jalan sama Tuhan, gw ada liat berbagai macam hal. Ada orang yang hidupnya senang, ada juga yang hidupnya susah. Tapi kalau diperhatiin keadaan itu nanti akan berbalik bergantian: yang tadinya senang jadi susah, yang tadinya susah jadi senang. Tuhan adil banget yah!

Tuhan adil?

Rasanya itu pandangan yang dangkal banget. Gw yakin (Dia memang adil tapi) Dia ngelakuin itu semua bukan supaya keadilan bisa ditegakkan. That's like good for nothing. Tapi pasti ada maksud yang lebih dalam lagi: Tuhan ngelakuin semua itu untuk kebaikan kita sendiri. Sesuai dengan keputusan dan kebijaksanaan yang Tuhan punya, Dia mengizinkan kita menghadapi susah-senang-susah-senang karena kita perlu itu. Supaya kita jadi tambah dewasa dan tambah sempurna di dalam Dia.

Contohnya, misal si A awalnya seneng-seneng, tapi karena Tuhan pikir si A perlu diajarin sesuatu jadi Tuhan izinin suatu keadaan gak enak buat dia alami biar bisa jadi lebih dewasa lagi. Sebaliknya si B yang awalnya lagi susah-susah terus Tuhan pikir itu udah cukup buat si B belajar banyak dan jadi dewasa, jadi Tuhan menghilangkan kesusahan itu sehingga hidupnya sekarang jadi seneng. Semuanya itu terjadi untuk kebaikan mereka masing-masing!

Jadi alasan utama dari semua itu gw bilang karena Tuhan sayang sama kita, alasan selanjutnya baru gw bilang karena Tuhan adil (Tuhan pasti adil dong!). Di Kitab Ibrani dibilang kalau Tuhan mendisiplinkan kita untuk kebaikan kita sendiri sehingga kita dapat berbagi dalam kemuliaannya (Ibr12: 10). Terus ditulis, Tuhan juga selalu turut bekerja di dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan buat kita (Rom8: 28). Jadi sekarang kita bisa ngerti klo dalam segala situasi itu sebenarnya Tuhan punya maksud baik dan tentu aja Dia gak bakal ninggalin kita dalam kesusahan itu. Teruslah percaya sama Tuhan dan rasakan sendiri kalau kesetiaan-Nya itu lebih dari hidup ini. God bless :).

No comments:

Post a Comment